5 Manfaat Alpukat Bagi Kesehatan

Siapa yang tidak mengetahui buah alpukat? Buah berwarna hijau pekat ini sering dimanfaatkan untuk kecantikan atau dibuat jus. Namun tahukah Anda sebenarnya alpukat memiliki khasiat bagi kesehatan? Tanaman alpukat juga termasuk jenis tanaman herbal, loh!

Alpukat terkenal sebagai buah yang memiliki kandungan lemak tak jenuh tunggal yang aman bagi kesehatan tubuh. Selain ada lemak baik, alpukat juga mengandung vitamin A, B, C, E serta K. Zat lainnya adalah karbohidrat, protein, folat dan magnesium. Lalu apa sebenarnya manfaat yang bisa kita dapatkan dari alpukat?


1. Meningkatkan kolesterol baik

Mengapa kolesterol baik? Karena lemak tak jenuh tunggal yang ada pada alpukat memiliki manfaat untuk meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Jadi tidak perlu khawatir, ya. Namun, meski lemak yang ada di alpukat adalah lemak baik, Anda tidak boleh mengonsumsinya secara berlebihan.

Alpukat kaya akan sterol tumbuhan, senyawa ini terbukti menurunkan kolesterol dengan cara menghalangi penyerapannya ke dalam aliran darah. Zat yang ada pada buah ini juga beragam. Ada vitamin E, magnesium, vitamin C, folat, dan seng. Selain itu alpukat mengandung potasium.


2. Mengontrol gula darah tetap stabil

Alpukat bermanfaat menstabilkan gula darah Anda. Karena buah ini membantu melawan resistensi insulin. Berdasarkan sebuah penelitian, seseorang yang mengonsumsi setengah alpukat saat makan siang, akan merasa kenyang dalam waktu yang lebih lama. Keinginan untuk makan selanjutnya dapat berkurang.


3. Menjaga kesehatan rambut

Pernahkah Anda melihat cream untuk creambath dengan rasa alpukat? Ternyata memang alpukat memiliki khasiat untuk rambut. Alpukat berguna untuk memperkuat rambut Anda. Bagaimana pengaplikasiannya? Campurkan alpukat yang sudah dikupas dengan minyak jojoba.

Lalu oleskan ke rambut yang baru dicuci secara merata ke seluruh bagian rambut. Tutup kepala Anda dengan shower cap atau handuk basah selama 15-30 menit untuk mendapatkan manfaat alpukat dengan maksimal. Setelah itu bilas. Caranya serupa dengan creambath di salon.


4. Mencegah kankerĀ 

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa manfaat buah alpukat diyakini dapat mencegah kanker. Dalam hal ini alpukat bekerja mengurangi efek samping dari proses kemoterapi. Bahkan penelitian lain menjelaskan, ekstrak buah alpukat terbukti menghambat sel kanker prostat.

Namun, perlu diingat bahwa riset ini dilakukan pada sel yang terisolasi. Jadi tidak selalu akurat terbukti jika terjadi pada manusia.a


5. Membantu menurunkan berat badan

Siapa yang ingin memiliki berat badan yang stabil? Untuk Anda yang ingin menurunkan berat badan, salah satu caranya adalah memakan buah alpukat. Manfaat yang ditawarkan buah alpukat yaitu membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Mengonsumsi buah alpukat dalam pola diet membantu Anda untuk makan lebih sedikit kalori secara alami dan memudahkan Anda untuk tetap berpegang pada mengonsumsi makanan yang sehat.

Alpukat juga memiliki kandungan serat yang tinggi dengan karbohidrat yang rendah, di mana hal ini merupakan sesuatu yang baik bagi Anda jika sedang fokus menurunkan berat badan.

Meskipun ada rasa sedikit pahit saat mengonsumsi buah ini, Anda dapat menyiasatinya dengan menambahkan sedikit susu bubuk untuk mengurangi tingkat kepahitannya. Anda dapat mengonsumsi buah alpukat secara rutin untuk menjaga kesehatan Anda. Namun mengonsumsinya juga harus memerhatikan porsinya, ya. Selain makan makan buah alpukat, harus didukung dengan olahraga yang teratur dan menjalankan pola hidup yang sehat juga untuk menjaga kesehatan tubuh Anda. 

This entry was posted in Default. Bookmark the permalink.