Bahan Tradisional Ini Ampuh Obati Batuk Kering

Bahan Tradisional Ini Ampuh Obati Batuk Kering

Tenggorokan terasa sakit atau dada terasa sesak merupakan salah satu gejala Anda akan mengalami batuk. Umumnya orang mengetahui ada dua jenis batuk, yaitu batuk berdahak dan batuk kering. Untuk cara pengobatannya dua jenis batuk ini memerlukan jenis obat yang berbeda. Biasanya obat yang banyak ditemukan adalah untuk batuk berdahak. Lalu bagaimana caranya untuk mengobati batuk kering?

Sebelumnya perlu Anda ketahui bahwa batuk kering ditandai dengan tenggorokan yang sakit dan gatal. Gejala ini berlangsung selama beberapa hari dan tidak kunjung menghasilkan lendir atau dahak. Batuk kering biasanya disebabkan oleh alergi, asma, paparan asap, debu, atau penyebab lainnya yang tidak diketahui.

Batuk kering yang berlangsung lama dan tidak sembuh-sembuh tidak selalu harus diobati dengan obat konvensional. Anda dapat mencoba alternatif lain, salah satunya dengan membuat obat batuk kering dari bahan-bahan tradisional. Berikut beberapa bahan tradisional yang dapat Anda coba untuk meredakan batuk kering.


1. Jahe

Jahe memiliki banyak manfaat, jenis rempah ini sangat efektif untuk meredakan batuk kering hingga asma. Senyawa antiradang yang terkandung dalam jahe dapat membantu melemaskan lapisan di saluran udara, sehingga intensitas batuk Anda jadi lebih berkurang.

Meskipun bermanfaat, pastikan Anda menggunakan jahe sebagai obat batuk kering dalam porsi yang cukup. Sebab, mengonsumsi jahe secara berlebihan akan memicu sakit perut dan mulas. 

Untuk pengolahannya, Anda bisa membuat wedang jahe atau mengunyahnya secara langsung. Dibanding membeli wedang jahe di luar, lebih baik Anda membuatnya sendiri di rumah. Selain menghemat pengeluaran, bersih, Anda juga bisa memastikan bahwa bahan-bahan yang digunakan untuk membuat wedang jahe memiliki kualitas yang baik. Rasa jahe yang terlalu kuat pada wedang, dapat ditambah dengan perasan air lemon.


2. Madu

Selain jahe, madu juga memiliki banyak khasiat. Selain sering digunakan untuk masker wajah, madu diketahui memiliki manfaat untuk meredakan batuk. Khasiat yang ada pada madu mirip dengan obat batuk yang mengandung dextromethorphan dan diphenhydramine (antihistamin). Madu juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh Anda. Sehingga kondisi Anda jadi lebih cepat membaik.

Penggunaannya untuk pengobatan batuk kering, cukup campurkan 2 sendok makan madu ke dalam teh tawar hangat. Setelah itu bisa ditambahkan sedikit perasan lemon. Minum racikan ini sehari atau dua kali sehari hingga kondisi Anda membaik.


3. Nanas

Ternyata nanas dapat menjadi salah satu obat batuk kering tradisional. Nanas mengandung enzim bromelanin yang dapat menyembuhkan batuk kering. Bromelanin berperan sebagai agen antiradang yang efektif untuk meredakan peradangan pada saluran nafas, sehingga dapat melegakan tenggorokan. Selain itu bromelanin juga bersifat mukolitik yang dapat membantu mengencerkan dahak berlebih dan menghilangkannya dari tenggorokan Anda.

Cara mengolahnya Anda dapat menjadikan nanas segar sebagai jus atau mengonsumsinya secara langsung. Untuk konsumsi langsung, Anda bisa memakan buah nanas setidaknya 2-3 kali sehari untuk meredakan batuk kering.

Sedikit catatan, sebelum memanfaatkan buah nanas untuk obat batuk kering alami, pastikan terlebih dahulu bahwa Anda tidak memiliki alergi pada buah ini. Karena orang yang memiliki alergi namun tetap mengonsumsi nanas, mereka memiliki risiko tinggi terkena efek samping yang berbahaya.


4. Daun Mint

Daun mint memiliki kandungan menthol di dalamnya. Kandungan ini diyakini dapat membantu melegakan tenggorokan yang sakit dan gatal akibat iritasi. Agar batuk kering cepat mereda, Anda bisa menghirup uap hangat dari campuran 4 tetes minyak atsiri dan daun mint dalam secangkir air panas.

Tipsnya, pilihlah daun mint yang berkualitas agar manfaat yang terasa lebih optimal. Daun mint yang bagus dan layak dikonsumsi biasanya memiliki permukaan berwarna hijau cerah dan tidak bernoda.


5. Thyme

Thyme merupakan tanaman herbal yang berasal dari Mesir. Thyme termasuk dalam keluarga mint. Daun ini memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan, salah satunya sebagai penyembuh obat batuk kering.

Daun Thyme mengandung senyawa antioksidan flavonoid yang bisa mengendurkan otot tenggorokan dan mengurangi peradangan.

Pengolahan daun ini sebagai obat batuk tradisional, Anda bisa menyeduh 2 sendok teh daun Thyme kering dalam 1 cangkir air panas. Kemudian aduk rata dan tunggu beberapa menit sebelum disaring. Minum racikan ini selagi hangat.


6. Teh Lada Hitam

Racikan teh lada hitam dikenal sebagai obat batuk tradisional asal Cina. Lada hitam mengandung zat yang mampu menahan sirkulasi udara dan aliran lendir agar tidak masuk ke tenggorokan.

Cara meraciknya, sediakan 1 sendok teh lada hitam yang sudah ditumbuk dan 2 sendok makan madu dalam cangkir. Setelah itu tuang dengan air panas dan tutup gelas selama kurang lebih 15 menit. Saring teh dan minum racikan ini hangat-hangat.


7. Jeruk Nipis

Jeruk nipis sering digunakan untuk berbagai makanan. Namun tahukah Anda jika jeruk nipis ternyata bisa mengatasi batuk kering. Jeruk nipis dimanfaatkan sebagai salah satu obat herbal karena buah ini mengandung minyak atsiri dan berbagai zat yang bisa melemaskan otot-otot pada saluran pernafasan. 

Buah ini juga memiliki khasiat untuk menurunkan panas dan mengatasi suara serak akibat tenggorokan gatal, yang mungkin menjadi gejala lain yang mengikuti batuk. Perasan jeruk nipis bisa dicampur dengan madu untuk meredakan gejala batuk, sekaligus mengurangi rasa asam dari jeruk nipisnya. Beberapa penelitian menyebutkan, rasa manis pada madu bisa memicu produksi air liur dan lendir untuk melembabkan tenggorokan.

Itulah beberapa bahan yang dapat Anda manfaatkan untuk menyembuhkan batuk kering. Namun, obat batuk kering tradisional ini tidak disarankan untuk anak di bawah 1 tahun. Karena akan menyebabkan efek samping yang berbahaya jika dikonsumsi anak usia di bawah 1 tahun.

This entry was posted in Default. Bookmark the permalink.