10 Bahan Alami Ini Atasi Infeksi Saluran Kemih

Kondisi panas dan rasa sakit saat buang air kecil, bahkan mungkin disertai keluarnya darah dari saluran kencing tentu menimbulkan perasaan tidak nyaman. Jika sedang mengalami hal ini, bisa jadi saluran kemih Anda terkena infeksi. Infeksi Saluran Kemih (ISK) terjadi ketika bakteri dari luar tubuh masuk dan berkembang di dalam saluran kemih. Baik laki-laki maupun perempuan berisiko terkena penyakit ini. Namun lebih sering dialami oleh perempuan karena uretra pada perempuan lebih pendek sehingga bakteri lebih mudah masuk ke kandung kemih.

Infeksi Saluran Kemih biasanya disebabkan oleh bakteri E-Coli. Selain itu bisa dari penyakit menular seksual seperti klamidia, jamur dan virus. Gejala dari penyakit ini umumnya ditandai dengan rasa nyeri terutama saat buang air kecil, urin berwarna keruh kadang bercampur darah, urin berbau tidak sedap, kram di perut bagian bawah, rasa ingin buang air kecil terus-menerus serta demam.

Jika ISK tidak ditangani dengan cepat bisa membahayakan bagi tubuh. Karena infeksi yang berlarut akan menimbulkan gangguan pada ginjal, sepsis, penyempitan uretra, serta risiko melahirkan secara prematur bagi ibu hamil. 

Infeksi pada saluran kemih bisa diobati secara medis, namun Anda juga bisa melakukan pengobatan dan pencegahan dengan bahan alami seperti berikut: 


1. Jus Kranberi

Meminum segelas jus kranberi tanpa tambahan gula adalah salah satu obat alami untuk mengatasi ISK. Buah asli Amerika ini berperan mencegah masuknya bakteri ke saluran kemih sehingga dapat mencegah terjadinya infeksi. Menurut beberapa penelitian, jus atau pil yang berbahan dasar buah kranberi mengurangi risiko ISK sebesar 26 persen. 


2. Vitamin C

Dengan mengonsumsi vitamin C bisa mencegah terjadinya Infeksi Saluran Kemih. Vitamin C diketahui dapat meningkatkan tingkat keasaman urin sehingga bisa mematikan bakteri yang akan masuk ke saluran kemih. Buah-buahan yang kaya akan vitamin C seperti jambu biji, jeruk, grapefruit dan kiwi bisa Anda konsumsi untuk menyembuhkan ISK.

3. Minum Banyak Air

Minum banyak air putih memiliki banyak manfaat bagi tubuh, salah satunya mencegah bahkan mengobati infeksi pada saluran kencing. Minum delapan sampai sepuluh gelas air putih per hari bisa mengeluarkan bakteri penyebab infeksi melalui urin yang keluar dari dalam tubuh.

Jika Anda sedang mengalami ISK, dianjurkan untuk menghindari minuman yang tinggi akan kafein seperti kopi, soda, teh, minuman beralkohol dan minuman-minuman kemasan yang memiliki kandungan gula berlebih.


4. Teh Hijau

Sebuah studi menunjukkan bahwa teh hijau zat antimikroba yang dapat menangkal bakteri E-Coli yang menyebabkan ISK. Di dalam teh hijau juga mengandung antioksidan yang bisa mengurangi peradangan di kandung kemih. Dengan minum dua sampai tiga cangkir teh hijau setiap hari bisa menyembuhkan infeksi.


5. Soda Kue

Salah satu bahan dasar pembuat kue ini dipercaya manjur untuk mengatur pH urin. Soda kue yang bersifat basa dan anti mikroba mampu mengobati saluran kemih yang sedang mengalami infeksi. Anda dapat mengonsumsinya dengan mencampur bahan ini dengan segelas air mineral niscaya ISK dapat teratasi.


6. Birch

Ekstrak tumbuhan birch memiliki zat yang dikenal dengan istilah betulin. Senyawa ini memiliki khasiat sebagai antiseptik dan anti inflamasi atau pereda rasa nyeri dan peradangan. Tumbuhan birch memiliki banyak vitamin C, minyak esensial dan flavonoid. Fungsi dari kandungan tersebut yakni menyerap racun dan mempermudah pengendalian kandung kemih serta saluran kencing.


7. Air Kelapa dan Lemon

Membuat minuman yang berasal dari campuran air kelapa dan lemon ternyata bisa menyembuhkan ISK. Air kelapa dan lemon mengandung senyawa yang memperkuat pertahanan tubuh. Kandungan dari campuran ini pun dipercaya dapat mengubah lingkungan tempat bakteri dan virus berkembang. Racikan ini  dapat meningkatkan produksi urin sehingga saluran kemih menjadi bersih.


8. Kompres Panas

Ternyata bantal kompres panas bisa meringankan rasa nyeri di area kandung kemih. Cara pengaplikasiannya, hindari kontak langsung ke kulit. Sebelum digunakan, lapisi kulit terlebih dahulu dengan kain sebagai pemisah. Gunakan dalam durasi maksimal 15 menit agar kulit tidak terasa seperti terbakar.


9. Jahe

Tanaman yang termasuk ke dalam jenis rempah ini dinyatakan efektif untuk Infeksi Saluran Kemih. Jahe memiliki bahan aktif yaitu gingerol yang merupakan agen antibakteri yang mampu menghambat penyebaran bakteri pada ginjal.


10. Lidah Buaya

Selain bermanfaat untuk rambut, lidah buaya juga berkhasiat menyembuhkan Infeksi Saluran Kemih. Lidah buaya mampu mengeluarkan racun dari dalam tubuh melalui pembersihan yang efektif. Cara mengolahnya bisa dengan membuat jus lidah buaya dan dikonsumsi dua kali sehari. 

Inilah bahan alami dan tradisional yang mampu mengobati Infeksi saluran kemih. Bahan-bahan tersebut cukup mudah untuk ditemukan dan pengolahannya pun tidak rumit. Jika Anda termasuk orang yang menyukai pengobatan dengan cara yang lebih alami, bahan-bahan tersebut sangat tepat dikonsumsi secara rutin untuk mengatasi masalah pada saluran kemih.

This entry was posted in Default. Bookmark the permalink.