Cegah Bayi Lahir Cacat Dengan Buah Delima

Cegah Bayi Lahir Cacat Dengan Buah Delima

Mengonsumsi buah-buahan disarankan oleh banyak pakar kesehatan karena dipercaya baik untuk kesehatan tubuh kita. Memang benar bahwa makan buah akan memberikan nutrisi bagi tubuh terutama bagi ibu hamil. Faktanya, janin yang diberi asupan sari buah-buahan yang dikonsumsi oleh sang ibu terbukti lebih sehat dan memiliki tumbuh kembang yang baik. 

Salah satu buah yang sangat bermanfaat bagi seseorang yang sedang hamil adalah buah delima. Buah ini mengandung berbagai nutrisi penting bagi ibu hamil seperti serat, zat besi dan vitamin C, asam folat, kalsium, vitamin K, protein dan antioksidan. 

Buah delima atau nama latinnya adalah Punica Granatum merupakan tanaman yang diperkirakan berasal dari Iran namun lama dikembangbiakkan di daerah Mediterania. Tanaman ini dapat tumbuh hingga 5-8 m. Delima seringkali ditanam di kebun sebagai tanaman hias maupun tanaman obat. Delima dikenal memiliki 3 jenis yang berbeda yaitu, delima putih, delima ungu dan delima merah.

Jenis delima yang baik untuk dikonsumsi ibu hamil adalah delima merah. Buah yang lebih dikenal dengan nama lain Pomegranate ini memiliki sangat banyak manfaat untuk ibu hamil, salah satunya mencegah kecacatan kelahiran pada bayi. 

Apa itu kecacatan lahir pada bayi? Bayi yang cacat lahir merupakan suatu keadaan di mana struktur dan fungsi tubuh bayi tidak normal saat lahir sehingga menyebabkan ketidakmampuan fisik dan mental. Beberapa kasus bayi cacat lahir bisa menyebabkan kematian pada bayi selama satu tahun pertama kehidupannya.

Bayi cacat lahir bisa disebabkan oleh banyak faktor. Pertama, faktor genetik yaitu kecacatan ini adalah bawaan dari kedua orang tua bayi. Kelainan faktor genetik yang dibawa oleh ayah dan ibu bayi bisa menyebabkan kecacatan karena mutasi atau perubahan yang dialami oleh gen tersebut. 

Kedua, bayi yang mengalami cacat lahir bisa terjadi karena lingkungan dan gaya hidup. Misalnya sang ibu merokok, minum alkohol, dan mengonsumsi obat yang tidak disarankan dokter selama masa kehamilan. Ketiga, salah satu faktornya adalah ibu yang hamil di usia di atas 35 tahun. 

Risiko bayi lahir cacat dapat dicegah salah satunya dengan mengonsumsi buah delima. Berikut beberapa manfaat buah delima bagi kesehatan ibu hamil:


1. Mengurangi risiko terjadinya kecacatan kelahiran pada bayi

Selama masa kehamilan ada baiknya asupan yang masuk ke dalam tubuh ibu harus senantiasa terjaga. Karena apapun yang dikonsumsi oleh ibu hamil akan berpengaruh kepada janin yang ada di dalam kandungannya.

Buah delima yang kaya akan nutrisi bisa membantu mengurangi kecacatan saat proses persalinan. Karena salah satu nutrisi yang ada yaitu asam folat mampu mencegah terjadinya kecacatan tabung saraf.

Asam folat harus diserap oleh ibu hamil, jika tidak akan berisiko pada janin yakni terjadinya kerusakan sumsum tulang belakang. Selain itu apabila asam folat dilewatkan oleh sang ibu bisa meningkatkan potensi bibir sumbing. Cukup dengan memakan buah delima merah atau pomegranate sehari satu kali bisa memenuhi asupan asam folat di dalam tubuh.


2. Buah yang rendah kalori

Selain kandungan buah delima yang dapat membantu menangkal radikal bebas, buah berwarna merah ini rendah kalori, loh! Pada masa kehamilan, berat badan bertambah dan ukuran tubuh membesar. Dengan kandungan zat besi dan kalsium yang ada di buah delima akan membuat janin di dalam kandungan tumbuh sehat, sehingga tidak ada masalah terhadap kelebihan berat badan saat melahirkan.


3. Memperlancar aliran darah 

Buah ini dikenal sebagai buah yang memiliki kandungan air yang tinggi, sehingga menghindari terjadinya dehidrasi pada ibu hamil saat masa kehamilan. Selain itu buah delima merah juga bisa membantu melancarkan aliran darah di dalam tubuh. Untuk yang mengalami anemia saat masa hamil, buah delima sangat cocok dikonsumsi.

Mengalami anemia saat hamil pastinya mengganggu aktivitas ibu. Jadi lebih baik memperbanyak mengonsumsi delima merah untuk memperlancar aliran darah.


4. Membantu usus bekerja dengan baik 

Ibu hamil rentan mengalami sembelit. Perut terasa mulas dan menyiksa sehingga menghambat aktivitas sehari-hari. Solusinya, perbanyaklah makan makanan yang mengandung serat, salah satunya buah delima. Buah ini bekerja melunakkan feses, sehingga mencegah penyakit sembelit dan memperlancar saluran usus.


5. Memperkuat imunitas kesehatan tubuh

Tanaman obat ini memiliki manfaat lain yaitu memperkuat imunitas kesehatan tubuh. Saat mengonsumsi buah pomegranate kesehatan ibu hamil dan janinnya akan semakin terjaga. Ini disebabkan oleh vitamin C yang ada di buah ini, sehingga memperkuat sistem kekebalan tubuh agar tetap fit. Manfaat lainnya buah ini menghindari penyakit infeksi yang umumnya ditandai oleh gejala batuk, dan flu.

Mulai sekarang, Anda terutama ibu hamil disarankan untuk rutin mengonsumsi buah delima dalam porsi yang cukup, ya. Karena banyak sekali manfaat yang dapat terasa bagi ibu dan janin di dalam kandungan. Cara mengonsumsi buah ini bisa dimakan secara langsung atau diolah menjadi jus. 

This entry was posted in Default. Bookmark the permalink.