Jarang Terdengar, Daun Binahong Ternyata Berfungsi Sebagai Obat

Jarang Terdengar, Daun Binahong Ternyata Berfungsi Sebagai Obat

Merasa asing dengan nama Binahong? Bagi sebagian besar masyarakat di Indonesia mungkin masih belum familiar dengan tanaman ini. Sebenarnya tanaman Binahong termasuk ke ke dalam tanaman herbal. Tidak sedikit juga orang yang memanfaatkan daun ini untuk mengobati gangguan kesehatan. 

Sebelum mengulas bagaimana daun Binahong mengatasi masalah kesehatan. Nampaknya Anda perlu mengetahui terlebih dahulu sekilas mengenai daun binahong. Anredera Cordifolia atau nama latin dari daun Binahong, adalah jenis tanaman obat yang dapat tumbuh di daerah dataran rendah maupun dataran tinggi. Tanaman yang tumbuh menjalar ini sudah ada sejak lama di Indonesia. Namun baru-baru ini sebagian orang menjadikan daunnya sebagai obat tradisional.

Tanaman ini diketahui berasal dari Korea yang digunakan oleh masyarakat Vietnam untuk perang melawan Amerika Serikat. Hampir semua bagian dari tanaman ini bisa dimanfaatkan untuk obat seperti batang, umbi terutama daunnya.

Kenapa daun Binahong berkhasiat untuk obat? Karena daun ini kaya akan zat kalsium, vitamin C dan vitamin A, protein, fosfor, kalium, antioksidan seperti lutein dan betakaroten. Cara mengolah daun ini sebagai obat biasanya dengan direbus dan diminum ekstraknya. Bahkan ada juga obat berbentuk kapsul yang berbahan dasar daun Binahong.

Untuk lebih jauhnya berikut akan membahas mengenai khasiat daun Binahong untuk mengobati gangguan kesehatan.


1. Sering mengalami sakit tenggorokan dan batuk? Dengan merebus daun Binahong dan meminumnya niscaya batuk Anda segera mereda. Karena dalam ramuan daun ini terdapat senyawa antibakterial yang dapat membunuh kuman atau bakteri penyebab batuk. Baik jenis batuk berdahak maupun kering, bisa diatasi dengan meminum ramuan daun Binahong.

2. Binahong juga dikenal bisa menyembuhkan penyakit maag. Daun ini baik untuk mengatasi sistem pencernaan.

Penyakit yang disebabkan karena meningkatnya asam lambung bisa disembuhkan dengan daun ini. Cara mengolahnya juga sama, Anda bisa merebusnya dan minum segelas ekstrak daun Binahong. Selain akan mengembalikan asam lambung menjadi normal, daun ini juga diperkaya antioksidan yang efektif mencegah radikal bebas pada tubuh. Dengan antioksidan, tubuh Anda menjadi lebih sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

3. Tingkat kolesterol yang tinggi juga bisa diatasi dengan daun yang kaya akan manfaat ini. Binahong akan mengurangi kolesterol jahat di tubuh Anda. Cara kerjanya, daun ini akan menetralisir kandungan kolesterol jahat yang ada di pembuluh darah.

Mengonsumsinya secara rutin, akan menyebabkan kolesterol di tubuh Anda hilang dengan sendirinya. 

4. Mencegah diabetes. Meski bukan termasuk penyakit ganas, diabetes tetap bisa membahayakan seseorang. Bahkan belum ada obat yang bisa menyembuhkan total penyakit ini. Anda hanya bisa mengendalikan gula darah agar tidak menyebabkan komplikasi.

Senyawa alkaloid dalam daun Binahong, dipercaya bisa membantu menurunkan kadar gula darah secara maksimal. Selain itu juga bisa menstabilkan gula darah pada pengidap diabetes mellitus.

5. Mencegah kanker. Kanker merupakan salah satu penyakit ganas yang menyebar secara cepat di dalam tubuh. Penyebabnya karena tekanan stres oksidatif yang bisa memengaruhi produksi radikal bebas yang akan merusak sel-sel sehat di tubuh.

Nah, daun Binahong bisa mencegah kanker karena adanya kandungan antioksidanpigmen seperti betakaroten, xzeaxanthin serta lutein. Daun Binahong diyakini bisa mencegah penyakit berbahaya ini.Kanker juga bisa dicegah dengan mengonsumsi vitamin A, di mana terkandung dalam daun Binahong ini.

6. Tahukah Anda ternyata daun ini juga bermanfaat untuk memperkuat ingatan? Zat asm folat dan vitamin B kompleks dalam daun ini bisa mendukung fungsi mental dan mempertajam ingatan.

Peran dari biotin, folat, tiamin dan vitamin B lainnya penting bagi kesehatan mental. Kekurangan vitamin B-12 bisa meningkatkan risiko depresi, kelelahan, anemia dan paranoia yang tinggi.


7. Menyehatkan mata. Retina mata juga bisa rusak akibat radikal bebas. Namun pada daun ini ada zat yang bisa menangkal radikal bebas atau racun, seperti vitamin A, vitamin C, betakaroten serta lutein. Daun Binahong bisa Anda jadikan sebagai obat tradisional untuk menjaga kesehatan mata Anda.

8. Mempercepat proses penyembuhan luka. Antiseptik yang ada di dalam daun Binahong sangat bermanfaat bagi tubuh. Tidak heran jika daun ini bisa mempercepat proses penyembuhan bagi luka Anda.

Cara mengolahnya dengan menumbuk daun Binahong yang masih segar atau baru dipetik. Lalu tempelkan langsung pada luka, sehingga kandungan yang ada di daun tersebut bisa langsung menyembuhkan luka yang sedang Anda alami.

Selain menyembuhkan luka, daun ini memiliki kandungan anti-inflamasi. Ini berguna untuk meringankan memar memerah bahkan bengkak.

Jadi, banyak sekali kan zat-zat yang bermanfaat dalam daun Binahong? Selain mengatasi penyakit yang sudah terjadi, daun ini memang bisa mencegah timbulnya penyakit, mulai dari penyakit ringan hingga yang berat. Namun daun ini agak sulit ditemukan. Namun jangan khawatir, Anda bisa mencari bibit tanaman Binahong di toko yang menjual tanaman herbal. Kemudian Anda bisa menanamnya sendiri di rumah jika sewaktu-waktu dibutuhkan untuk pengobatan tradisional.

This entry was posted in Default. Bookmark the permalink.