Tak Bisa Diragukan, Inilah Khasiat Madu Hutan

Tak Bisa Diragukan, Inilah Khasiat Madu Hutan

Tentu Anda sudah mengetahui bahwa madu memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Madu memang memiliki zat-zat yang baik untuk tubuh. Misalnya saja kandungan flavonoid atau jenis antioksidan yang mampu menyembuhkan beberapa penyakit, seperti flu dan batuk. 

Selain banyak manfaatnya, madu juga memiliki banyak sekali jenisnya. Sudahkah Anda mengetahui jenis-jenis madu? Pada tulisan ini akan mengulas salah satu jenis madu yaitu madu ternak dan madu hutan. Kedua jenis madu ini memiliki perbedaan, loh! Berikut perbedaannya. 

Kita bahas mengenai madu ternak terlebih dahulu. Madu ternak dihasilkan oleh lebah penghasil madu bernama Apis Cerana dan Apis Melifera. Dua lebah madu ini biasanya diimpor dari luar negeri dan lebah ini diternakkan. Lebah madu ternak mengambil nektar hanya dari satu jenis pohon utama saja. Dari bentuk sarangnya, lebah madu ternak biasanya berbentuk kotak. Jenis madu ternak kemungkinan telah dicampur dengan pupuk kimia sehingga tidak organik. 

Berbeda dengan madu hutan, jenis madu ini dihasilkan oleh lebah hutan bernama Apis Dorsata. Lebah ini merupakan lebah terbesar dengan ukuran 1 sampai 2,5 cm. Lebah ini biasanya hanya berkembang di negara-negara tertentu misalnya, Nepal, Filipina dan India. Untuk sumber nektarnya, madu hutan menyerap dari berbagai pohon di hutan. 

Madu hutan biasanya dipanen langsung dari hutan sehingga ia dianggap lebih organik. Jika lebah madu ternak sarangnya berbentuk kotak, lebah madu hutan memiliki sarang berupa sisiran yang menggantung di pohon. Madu organik ini memiliki tekstur yang lebih cair jika dibandingkan dengan madu ternak. Mengapa? Karena kontur hutan yang lebih basah dari sarang lebah ternak. Hal ini menyebabkan madu hutan lebih banyak kandungan airnya.

Meski berbeda, kedua jenis madu ini tetap mengandung berbagai khasiat. Namun kali ini kita akan membahas mengenai khasiat dari madu hutan. Mari kita ulas satu per satu.


1. Mengandung Antioksidan

Zat antioksidan di dalam madu disebut dengan fenolik. Senyawa ini sangat baik untuk kesehatan kardiovaskular. Antioksidan di dalam madu hutan juga baik untuk melindungi tubuh dari kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas yang masuk ke tubuh Anda. Radikal bebas sangat berbahaya bagi kesehatan. Salah satunya dapat meningkatkan risiko kanker dan penyakit jantung.


2. Sebagai anti jamur dan anti bakteri

Madu ini baik sebagai anti jamur dan anti bakteri. Selain itu madu hutan juga mengandung hidrogen peroksida dan antiseptik yang bagus untuk kesehatan. Namun Anda perlu memerhatikan jenis madu yang dikonsumsi, karena berpengaruh pada fungsi anti jamur dan anti bakterinya.


3. Sumber energi

Madu hutan atau madu mentah memiliki vitamin, mineral, gula dan air dengan kadar yang berbeda-beda. Selain itu zat bermanfaat tersebut juga bisa menambah asupan energi yang mudah diserap oleh tubuh. Sebuah riset mengatakan bahwa mengonsumsi madu sebelum berolahraga dianjurkan karena mengandung karbohidrat baik.


4. Mengatasi gangguan tidur

Sering sulit tidur? Minumlah sesendok madu sebelum tidur. Sebab madu hutan dapat mengatasi gangguan tidur. Madu hutan dapat melepaskan hormon Melatonin pada otak lalu mengubahnya menjadi hormon Serotonin dan diubah kembali menjadi hormon Melatonin yang bertugas untuk mengatur tidur.


5. Membantu mengontrol gula darah

Jika Anda merasa sulit untuk mengendalikan gula darah, cobalah mulai mengonsumsi madu hutan. Dengan meminumnya secara berkala, manfaat bagi tubuh Anda akan terasa. Madu ini berfungsi meningkatkan insulin serta mengurangi hiperglikemia atau kondisi di mana gula darah di dalam tubuh lebih tinggi daripada normal. Sehingga risiko terkena diabetes semakin berkurang.


6. Menangkal infeksi

Proses pengolahan pada madu hutan membuat zat di dalamnya aktif untuk menangkal infeksi. Selain itu juga mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh hingga mampu meringankan energi. Peneliti menyatakan bahwa madu hutan dapat mengurangi gejala Rhinitis atau iritasi di lapisan dalam hidung yang dapat menyebabkan gatal, bersin hingga mata berair.


7. Mengendalikan berat badan

Manfaat selanjutnya dari madu hutan adalah untuk mengendalikan berat badan. Dengan mengganti gula dengan madu membuat berat badan menjadi lebih terkendali sekaligus bagus untuk menurunkan tingkat gula darah Anda. Namun selain meminum madu, sebaiknya perhatikan juga gaya hidup dan pola makan Anda.

Cara mengonsumsi madu hutan bisa dengan diminum langsung atau mencampurkannya dengan segelas air putih dengan suhu normal. Hindari penggunaan air yang terlalu panas karena bisa merusak zat-zat penting yang terkandung di dalam madu. 

This entry was posted in Default. Bookmark the permalink.